FLY.WEB.ID

Tahlil Setelah Sholat 5 Waktu

FLY.WEB.ID | Majelis Online (Pengajian & Sholawatan) - Bagi umat Islam Indonesia tahlil dan tahlilan merupakan amalan yang sudah biasa dilakukan, tahlil setelah sholat 5 waktu pun biasa dilakukan dan diluar waktu waktu seperti tahlil setelah sholat 5 waktu seyogyanya kita juga harus selalu menyematkan kalimah tahlil dalam hati kita. Setiap saat dan setiap waktu dalam hati kita harus selalu diisi dengan kalimah tersebut dan ditambah lagi pada waktu waktu yang berjamaah sebagai mana yang biasa dilakukan umat Islam Indonesia yaitu tahlil setelah sholat 5 waktu dan pada acara mendoakan orang yang baru meninggal.

Umat Islam Indonesia sudah sangat terbiasa sekali dengan tahlil sehabis sholat 5 waktu, hal tersebut merupakan bukti pengamalan dari hadits yang diriwayatkan oleh HR. Abu Daud “Barangsiapa yang akhir perkataannya sebelum meninggal dunia adalah ‘lailaha illallah’, maka dia akan masuk surga” dan hadits hadits lainnya tentang keutamaan tahlil , sehingga dalam setiap saat tak terkecuali tahlil sesudah sholat lima waktu maka umat Islam Indonesia selalu menyertakan tahlil setelah sholat fardhu.

Dzikir Setelah Sholat Fardhu Nahdlatul Ulama

Bagi sebagian golongan umat islam Indonesia ada yang berkeyakinan bahwa setelah sholat fardhu tidak harus berdzikir, berbeda dengan nahdliyin yang selalu dzikir setelah sholat fardhu nahdlatul ulama, golongan tersebut ada yang menyatakan bid’ah dan sebagainya, padahal amalan ini merupakan bacaan dzikir setelah sholat fardhu sesuai sunnah, sehingga bagi golongan Umat Islam Indonesia tidak usah berpikiran bid’ah dan sebagainya dalam mengamalkan dzikir dan doa setelah sholat fardhu singkat ini.

Biasanya dalam membaca tahlil setelah sholat fardhu berjamaah umumnya imam hanya memberi komando dengan bahasa

نَوَيْنَا الذَّكْرَ تَقَرُّبًا إِلَى اللهِ, أَفْضَلُ الذِّكْرِ فَإعْلَمُوْا أَنَّهُ

Kemudian imam dan jamaah bersama sama membaca

لَا إَلهَ إِلَّا الله

Dengan jumlah tertentu, bisa dengan jumlah 11/21/33 dst, kemudian ditutup dengan

لَا إَلهَ إِلَّا الله مُحَمَّدُ الرَّسُوْلُ الله

Doa Pendek Setelah Sholat 5 Waktu

Setelah berdzikir dengan susunan tertentu, seperti biasa kemudian diakhiri dengan doa, yang nanti kami akan buatkan pembahasan sendiri, karena materi doa ini sangat luas, bisa jadi kami akan buatkan dengan beberapa sub judul, seperti doa pendek setelah sholat 5 waktu, doa setelah sholat sendiri ataupun juga dengan sub judul doa sesudah sholat fardhu berjamaah dan sebagainya.

Semoga pembahasan tahlil setelah sholat 5 waktu ini dapat bermanfaat serta dapat menambah amaliyah ubudiyah kita, dengan versi dzikir setelah sholat fardhu nahdlatul ulama ini juga mudah mudahan dapat memacu kita agar dapat selalu berdzikir disetiap waktu dan setiap saat. Terakhir, yang jangan sampai terlewatkan yaitu kita juga harus hafal doa pendek setelah sholat 5 waktu. Wallahu A’lam

Tulisan Menarik Lainnya:

Berbagi Itu Peduli