Baca Lafadz Bismillah Artinya OTW Jadi Kekasih Allah

Baca Lafadz Bismillah Artinya OTW Jadi Kekasih Allah

Lafadz Bismillah merupakan lafadz yang sangat dikenal sekali oleh orang Islam dan juga merupakan lafadz yang sangat dianjurkan sekali dibaca pada setiap akan melakukan segala hal, karena membaca Bismillah Artinya kita mengawali sesuatu tersebut dengan menyebut nama Allah SWT dengan harapan agar pekerjaan yang akan kita lakukan menjadi berkah.

Disamping membaca Lafadz Bismillah dengan maksud sebagaimana diatas kita juga dapat memberikan niat sebagai Ittiba' atau mengikuti al-Qur'an yang diwali dengan Lafadz Bismillah.

Lafadz Bismillah

بسم الله الرحمن الرحيم
Dengan Nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang

Huruf ب (Ba) pada Lafadz Bismillah dalam Bahasa Indonesia mempunyai arti "Dengan", huruf tersebut membawa makna "Bersanding selalu" (Musohabah) dan "Berharap Keberkahan" (Tabarruk). Pada intinya huruf Ba dalam Lafadz Bismillah Artinya agar dengan menyebut nama Allah SWT kita selalu dekat dan mendapatkan berkah dari Allah SWT.

Lafadz الاسم (al-Ism) yang dalam bahasa Indonesia berarti "nama" pada Lafadz Bismillah merupakan hasil derivasi dari kata السمو (Sumuw) yang mempunyai makna "Tinggi" atau juga diderivasi dari kata الوسم (al-wasm) yang mempunyai makna "Tanda".

Lafadz الله (Jalalah) merupakan suatu nama untuk Dzat yang wajib akan keeksistensiannya dan suatu nama yang mempunyai segala sifat-sifat yang sempurna.

Sedangkan lafadz الرحمن (ar-Rahmaan) itu mempunyai arti "Sang Pengasih segala kenikmatan".

Terakhir yaitu Lafadz الرحيم (ar-Rahiim) mempunyai arti "Sang Pengasih dan Pemberi segala kenikmatan".

Lafadz Rohman dan Rohim memang mempunyai arti yang hampir sama, namun sebenarnya lafadz tersebut mempunyai perbedaan. Lafadz ar-Rahmaan sejatinya hanya diperuntukkan kepada nikmat-nikmat yang dhohir (terlihat) sedangkan ar-Rahiim untuk nikmat-nikmat yang secara kasat.

Baca Bismillah Artinya OTW Jadi Kekasih Allah

Basmalah memang suatu lafadz yang sangat luar biasa, terbukti banyak ulama yang menyebutkan khasiat dan fadhilahnya dalam kitab-kitab mereka yang tentunya diambil dari sunnah Nabi SAW. Salah satu contohnya yaitu amalan yang sanadnya bermuara kepada Syech Abdul Qodir al-Jailani dari Sayid Muhammad bin Alwi Al-Maliki.

Tidak hanya itu, Kyai Sholeh Darat juga dalam kitabnya menyebutkan fadhilah dari Lafadz Bismillah ini, yakni dalam kitab:

منهاج الاتقياء فى شرح معرفة الاذكياء
Minhaju al-Atqiya Fii Syarhi Ma'rifati al-Adzkiya

Dalam kitab tersebut Kiyai yang bernama lengkap Sholeh bin Umar Assamarani menuliskan:

Sayid Syaikh Abdul Qadir alJailani alHasani berkata:
Jika kalian ingin mencapai derajat “Kekasih Allah/Orang shalih”, maka bangunlah setiap sepertiga malam terakhir (pukul 3 dini hari), kemudian bacalah Basmalah sebanyak hitungan jumlah hurufnya berdasarkan abjad (Abajadun), setelah itu bacalah shalawat Nabi sebanyak bilangan nama Muhammad, lalu berdo’alah kepada Allah Ta’ala, “Ya Allah, dengan hak Bismillahirrahmanirrahim jadikanlah hamba termasuk golongan hambaMu yang shalih”.

Dari nukilan diatas maka dibenak kita pasti akan timbul beberapa pertanyaan, sebagai berikut:

  1. Berapa kali baca basmalahnya ?
  2. Berapa kali baca Sholawatnya ?, dan
  3. Sholawat apa yang harus dibaca ?

Sebelum menjawab point 1 dan 2 maka terlebih dahulu kita harus mengetahui rumus Abajadun, berikut ini rumusnya:

Abajadun

Setelah kita mengetahuinya maka kita dapat menghitung nilai dari huruf-huruf yang terdapat pada lafadz Basmalah, dengan tabel sebagai berikut:

Abajadun Basmalah

Hasil akhirnya yaitu berjumlah 786, sehingga kita sudah dapat menjawab pertanyaan pertama, maka dalam amalan ini kita harus membaca Bismillahi ar-Rohmani ar-Rohimi sebanyak 786 kali.

Selanjutnya yaitu hitungan dari lafadz Muhammad, dengan tabel sebagai berikut:

Abajadun Muhammad

Dari tabel tersebut dapat kita ketahui bahwa nilai dari huruf-huruf pada lafadz Muhammad yaitu 132, sehingga dalam amalan ini kita harus membaca sholawat sebanyak 132 kali.

Untuk pertanyaan terakhir ini KH.Sholeh Darat sendiri sudah menuliskannya dalam kitab Minhajul Atqiya nya, yaitu sholawat:

أَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلٰى أٰلِهٖ
صَلَاةَ أَهْلِ السَّمٰوَاتِ وَالْأَرِضِ عَلَيْهِ
وَأَجِزْ يَا رَبِّ لُطْفِكَ الخَفِيِّ فِي أَمْرِيْ

Dari pembahasan diatas maka kita dapat menyimpulkan keterangan dari KH.Sholeh Darat yang intinya bahwa untuk menempuh derajat kekasih Allah maka langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Bangun pada jam 3 dini hari
  2. Baca
    بسم الله الرحمن الرحيم
    sebanyak 786 kali
  3. Baca
    أَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلٰى أٰلِهٖ
    صَلَاةَ أَهْلِ السَّمٰوَاتِ وَالْأَرِضِ عَلَيْهِ
    وَأَجِزْ يَا رَبِّ لُطْفِكَ الخَفِيِّ فِي أَمْرِيْ
    sebanyak 132 kali
  4. Berdoa "Ya Allah, dengan hak Bismillahirrahmanirrahim jadikanlah hamba termasuk golongan hambaMu yang shalih"

Demikian pembahasan tentang Lafadz Bismillah beserta amalan Basmalah yang diberikan oleh Kyai Sholeh Darat, manusia yang menjadi kekasih Allah sejatinya hanya Allah sendirilah yang menentukannya, namun ketika kita mengamalkan ini setidaknya kita sudah satu langkah lebih maju dalam OTW menjadi kekasih Allah SWT.

youtube image
islam.nu.or.id/post/read/77621/amalan-basmalah-dari-kiai-sholeh-darat
Share Is Care